Teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian dan peristiwa.
Kompetensi Inti :
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar :
3.11 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks personal recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pengalaman pribadi di waktu lampau, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.11. Teks recount
4.11.1
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,
terkait pengalaman pribadi di waktu lampau (personal
recount)
4.11.2 Menyusun
teks recount lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait pengalaman
pribadi di waktu lampau (personal recount),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
1. What is
recount text?
-It is a text that tells us about what had happened in series of events in sequence
-It is a text that tells us about what had happened in series of events in sequence
2. What is
the function?
- To tell an event in the past time chronologically
- To tell an event in the past time chronologically
- To retell
/ inform the event/ experience/ activity which happened in the past
Example: journal
(jurnal), diary (buku harian), surat pribadi, biography
/autobiography, history (sejarah), news
/autobiography, history (sejarah), news
3. What is
the generic structure of recount text?
Recount text has three
main parts :
A. Orientation : provides the setting and introduces participants
B. Events : tell what happened, in what sequence
C. Re-orientation :
optional, closure events
LEXICOGRAMMATICAL
- a. Focus on specific participants.
- b. Use of material process (action verbs).
- c. Circumstances of time and place.
- d. Use of past tense.
- e. Focus on temporal sequences.
•
Past Verbs
are divided into two forms:
•
1.
Regular verbs ( kata kerja beraturan)
•
2.
Irregular Verbs ( kata kerja tidak beraturan)
REGULAR VERBS
![*](file:///C:\Users\ACER\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\ACER\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
verb 1 verb 2
- arrive - arrived
- need -
needed
- cook -
cooked
- play -
played
- enjoy - enjoyed
- ask - asked
- change -
changed
IRREGULAR VERBS
Kata kerja
yang dibentuk dari kata kerja 1 ke kata kerja 2 dengan cara tidak beraturan.
Bentuk ini tidak boleh ditambah –d atau –ed. Bentuk irregular verbs harus
dihafalkan.
Contoh:
Verb 1 Verb
2
-
go - went
-
come - came
-
Drink - drank
-
Eat - ate
-
Swim - swam
-
Write - wrote
-
Read - read
-
Forget - forgot
-
Get - got
-
Bring - brought
-
Buy - bought
-
Drive - drove
-
See - saw
-
Sit - sat
-
Begin - began
CONTOH
TEXT RECOUNT
On my last holiday, I went to Yogyakarta. I
went there by my motorcycle.
First, I visited my friend
Siti. She was one of my good friends.
Then, I and Siti went to
Marlboro. We bought some souvenirs.
Before we went home, we had
lunch at “warung lesehan”. We ate ‘nasi gudeg’ and drank ‘dawet’.
We felt very happy.
Perhatikan gambar berikut ini !
Perhatikan video berikut ini dan tulislah komentar pada kolom komentar .
sumber : https://www.youtube.com/watch?v=TePhLOWlFEQ dikutip hari senin, 13 Maret 2017 pukul 22..18
0 komentar:
Posting Komentar