A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi: Kompetensi
Dasar (KD):
3.11. Menerapkan struktur teks
dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.13. Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Pengertian Past Continuous Tense
Past Continuous Tense adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi sedang terjadi pada waktu tertentu di masa lampau. Aksi tersebut telah dimulai tapi belum selesai pada saat itu.
Rumus Past Continuous Tense
Positif | S + be (was/were) + present participle (v-ing) | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
negatif (-) |
S + be (was/were) + not + present participle (v-ing) | ||||||||||||||||
interogatif (?) |
be (was/were) + S + present participle (v-ing)? | ||||||||||||||||
Contoh :
Fungsi
|
Contoh
kalimat
|
Past continuous tense untuk mengindikasikan suatu aksi yang terjadi selama
momen tertentu di masa lampa u.
|
1
I was
shopping at this time yesterday.
(Saya sedang belanja pada jam ini kemarin.)
2.
What was
she doing at 5 am this morning?
(Apa yang sedang dia lakukan jam 5 pagi ini?)
3.
They were
roasting corn at this time last night.
(Mereka sedang membakar jagung pada jam ini kemarin malam.)
4.
They were
roasting corn at this time last night.
(Mereka sedang membakar jagung pada jam ini kemarin malam.)
5.
I was
doing physically exercises all day yesterday.
(Saya sedang melakukan latihan-latihan fisik sepanjang hari kemarin.) |
Untuk menunjukkan bahwa ada aksi
berdurasi pendek (simple past tense) yang terjadi ketika suatu aksi
berdurasi panjang (past continuous tense) sedang berlangsung. Subordinate
conjunction “when” atau “while” dapat digunakan
|
1.She was sleeping when you
called her.
(Dia sedang tidur ketika kamu meneleponnya.)
2. The door was knocked while I
was studying.
(Pintu diketuk ketika saya sedang belajar.) |
Past continuous tense digunakan untuk mengolok-olok atau mengkritik aksi yang
terjadi pada interval acak namun sebenarnya merupakan kebiasaan alami.
|
1.
The girl
was always yelling out loud.
(Anak itu selalu menjerit keras-keras.)
2.
My
neighbor was always chasing stray cats off with his
broom.
(Tetangga saya selalu mengusir kucing-kucing liar dengan sapunya.) |
![Image result for pengertian past continuous tense dan contohnya](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtfDUc09wCOhnhiJKsaAv0YHnR5mHAMduw48Dq1rxLAcILFg0r4CMIEMl8KD8Fc5jESDWy3UVeXz7crkJ11KCpRSfLQGf-KRZJoHAPKWPAdqON136BQ7qq6IG4NMjByZSkinuwk75083PM/s200/past_continuous.gif)
![Image result for pengertian past continuous tense dan contohnya](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiE2mx1ffVe2135FR2SIRWBWbeVQPe5oHJkQdbatCQk35oQ6GDuzJGxlz2YPCImRPb_ZZYR2IPLZMtNxwjH1IKKh63VgzK-xfgjItFdZfpb70m2WaiMzIqMuewT2XE0KBcEXcA8tCxDvEnt/s320/rumus+past+continuous+tense.png)
0 komentar:
Posting Komentar